Saturday, February 27, 2016

E-Commerce: Bhinneka.com


Di tahun 1993, Hendrik Tio dan beberapa orang rekannya bekerja di sebuah perusahaan asing. Karena pihak asing tersebut memutuskan untuk fokus di negara asalnya,lalu bermodal nekatlah mereka bergabung membentuk sebuah perusahaan kecil yaitu PT. Bhinneka Mentari Dimensi. Mereka memulai bisnis baru ini di tahun 1993 yang saat itu masih fokus mendistribusikan produk luar negeri. Berkat kerja keras mereka, akhirnya di tahun 1994 mereka berhasil menjadi official distributor berbagai macam produk luar negeri yang fokus pada produk large printer. Perusahaan terus berkembang sebagai distributor produk luar negeri, dan mulai merambah ke bisnis IT pada tahun 1995. Bisnis pun berkembang pesat, hingga tahun 1997 PT. Bhinneka Mentari Dimensi mendapatkan penghargaan Distributor of The Year dari Micron Electronic.

Tidak ada yang tidak mungkin dalam sebuah bisnis. Tahun 1998, perusahaan mulai goyah dan terpuruk karena adanya krisis moneter. Brand-brand luar negeri yang sebelumnya sebagai ujung tombak perusahaan mulai meninggalkan Indonesia. Mau tidak mau mereka melakukan apa saja demi kelangsungan hidup perusahaan dan pemangkasan karyawan pun terpaksa dilakukan. Palugada (aPA LU mau Gue ADA) menjadi prinsip mereka saat itu. Apa yang customer inginkan mereka berusaha menyediakan. Bahkan sembako pun mereka jual. Sempat berbisnis tambak udang di Bali, namun karena kurangnya pengetahuan akan bidang yang dipilih akhirnya gulung tikar juga.
Namun pada tanggal 1 Juni 1999 yang sekarang dikenal dengan Hari Kebangkitan Bhinneka, Hendrik Tio dan rekan-rekan berkumpul bersama, mencoba membicarakan kelanjutan bisnis mereka akan seperti apa, akan bagaimana. Karena sebagian dari mereka merupakan lulusan IT, akhirnya mereka mencoba peruntungan untuk membuat bisnis melalui internet (ecommerce), maka terbentuklah www.bhinneka.com. Bisnis ecommers yang pada saat itu belum begitu dikenal, membuat mereka menjadi satu-satunya perusahaan yang menawarkan kemudahan bagi customer. Dengan duduk manis di ruman atau kantor, customer hanya tinggal mengklik tombol buy, bayar, maka barang akan sampai di tujuan.

Saat itu di luar negeri sebenarnya sudah memulai terlebih dulu. Namun tujuan bisnis ecommerce saat itu adalah ingin berlomba-lomba kepada IPO yang akhirnya terkenal dengan internet Bubble. Dan karena beberapa tim cukup mengetahui seluk beluk internet, jadilah mereka memulainya walaupun saat itu mereka memulai dengan segala keterbatasan dan sederhana. Pada saat memulai  bisnis internet ini sebenarnya dengan modal sangat kecil. Saat itu semua hosting masih di Amerika, mereka cuma beli domain dan bayar bulanan yang tidak lebih dari $30. Jadi modal awal lebih digunakan untuk bertahan hidup. Jika ditotal invest tidak lebih dari $10.000.

Pelan tapi pasti, akhirnya tahun 2001 mereka membuka offline store pertama yang terletak di Mangga Dua Mall. Tidak besar memang, namun hal tersebut menunjukkan bahwa Bhinneka.Com nyata. Mereka juga berpikir bahwa karakter customer ada yang menginginkan melihat produknya langsung, maka dibangunlah offline store pertama Bhinneka.Com. Bisnis ecommers mereka tetap digemari, dan sudah menjadi website acuan khalayak. Berbagai penghargaan tak henti-hentinya berdatangan. Bubu Award dengan kategori ecommers, didapatkan berturut-turut pada tahun 2002, 2003 dan 2005. Tahun 2004 juga mendapatkan penghargaan The Best  Ecommerce  Company  dari SWA dan masih banyak lainnya. Makin tua makin jadi, mungkin itu yang pas dipakai untuk perusahaan ini. Selain berbagai penghargaan yang didapat, Bhinneka.Com juga membuat partner bisnis semakin terpaku. Berbagai macam penghargaan dari bisnis partner pun didapat, di antaranya Roland Creative Award, Best Cisco SMB Products Reseller, Microsoft Best Contribution for Breath Partner pada tahun 2006.

Makin banyaknya permintaan customer, maka ditambahlah offline store, yaitu di Point Square dan Ambassador pada tahun 2007. Dan tahun 2008 juga dibuka offline store lagi yaitu di Pasific Place, Grand Indonesia dan Cibubur Juction. Kedekatan dengan brand HP dan menjadi bisnis partner yang cukup erat, akhirnya membuat Bhinneka.Com membanguan dua offline store khusus untuk produk-produk HP di Mangga Dua Mall dan Ratu Plaza. Bhinneka.Com juga memperluas kategori dengan membuka Photography Store pada tahun 2010 di Gunung Sahari berdekatan dengan kantor utama Bhinneka.Com.

Membuat bisnis ecommers menjadi berkembang dan maju mau tak mau menjadikan Bhinneka.Com mengikuti perkembangan pasar dan teknologi. Pada tahun 2011, Bhinneka.Com mulai menunjukkan taringnya dengan memulai kategori-kategori baru seperti Home & Electronic, Toys dan Sport and Outdoor. Di tahun 2013 kategori yang disediakan sudah semakin banyak, seperti ditambahkannya Otomotif, Fashion, Perkakas,  Baby and Toys, dan masih banyak lainnya.
kerjasama dengan berbagai pihak bank juga mulai dilakukan, seperti dengan program cicilan seperti dari BCA, Mandiri, CIMB Niaga, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, dan Mega. Serta dengan pembayaran elektronik yang bekerjasama dengan XL. Bhinneka.Com juga meluncurkan mobile web serta fitur potret hantu pada tahun 2012, lalu meluncurkan fitur-fitur menarik lainnya seperti ListPedia!, Balai Bhinneka, Bhinneka Travel, Bhinneka Affiliate ver. Beta dan terakhir meluncurkan Write & Win.

Pertumbuhan Bhinneka.Com semakin signifikan. Pada tahun 2013 ini customer yang sudah berbelanja sebanyak 518.662 setelah sebelumnya padah tahun 2012 berjumlah 345.691 baik perorangan maupun perusahaan. Begitupun juga pertumbuhan karwayan, dari awal dibentuk hanya sekitar 12 orang, saat ini sudah mencapai 500 karyawan lebih. Komunitas Bhinneka.Com sendiri juga makin bertambah, saat ini follower twitter @bhinnekacom mencapai 29600 dan Fans Page di Facebook Bhinneka.Com mencapai 264.000 orang.
Tidak ada yang tidak mungkin jika tekad, semangat, doa, dan usaha selalu ada menjadikan semuanya bisa dilalui. Seperti yang ditempuh Hendrik Tio dan rekan-rekan hingga 21 tahun ini menjadikan Bhinneka.Com menjadi webstore nomor satu pilihan masyarakat Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Fajar - Manssizz Corporation | Tutorialing For All