Friday, February 26, 2016

Penerapan E-Bisnis di Indonesia

Beberapa perusahaan BUMN sudah mulai menerapakan e-bisnis di Indonesia untuk meningkatkan daya saingnya, antara lain e-Business Pos dari PT. Pos Indonesia yang memiliki bentuk layanan yaitu : Electronic Postal Service ( ePostal ), Limited Communication Technology Services (eCom), Internet Content Dan Messaging Services, dan Community Acces Point (Warung Masif).
Layanan Elektronik postal service (epostal) adalah :
  • Electronic Letter (Ratron)
Merupakan layanan pengiriman surat secara elektronik melalui media jaringna internet.
  • Electronic Financial Services (WeselNet)
Merupakan jasa keuangan elektronik yang dapat digunakan oleh konsumen dalam melakukakn pengiriman finansial.
  • Value Added Postal Services (Track and Trace, Status Notification, etc)
Memberikan beberapa kemudahan sebagai nilai tambah dari produk Pos itu sendiri seperti pengembangan dalam penetapan jalur dan tempat, serta fasilitas komputerisasi dalam pemberian status pengiriman.
  • Electronic Delivery ( eDelivery )
Merupakan program layanan dalam bentuk elektronik seperti pengiriman pesanan perusahan.
  • Electronic Document Management
Merupakan layanan dalam pengiriman dokumen dalam melalui jaringan elektronik.
  • Electronic Mailshoping
Pengiriman surat/kartu ucapan melalui media elektronik kepada setiap relasi di setiap daerah.
Layanan Limited Communication Technology Services (eCom) :
Layanan komunikasi dengan menggunakan jaringan PSTN, GSM, CDMA, serta memberikan kemudahan dari masing-masing jaringan tersebut.Target dari produk ini adalah para konsumen Pos Indonesia yang menggunakan telepon selluler atau konsumen yang menggunakan layanan jasa komunikasi.Serta memberikan fitur dengan nilai tambah untuk mengakses SMS, MMS, GPRS, WAP. Dan IVR media untuk mereka yang menginginkan informasi tentang orang lain dengan periode waktu yang spesifik. Berikut beberapa bentuk layanan Limited Communication Technology Services (eCom) :
  • SMS Corporate Service
  • SMS Content Pull & Push (Info, Quiz, Entertainment, Leisure, Lifestyle)
  • SMS Transaction Services
  • SMS Gateway Services
  • Call Center
  • Close User Group
  • MVNO
  • Gerai Telekomunikasi

Internet Content Dan Messaging Services

Layanan jasa berbasis internet serta layanan jasa transmisi data digital yang terkoneksi dengan jaringan internet.  Berikut beberapa bentuk layanan Internet Content Dan Messaging Services :
  • eCommerce
  • eMagazines/Newsletter
  • ePooling
  • Portal / Hosting / Web Development
  • VoIP Services
  • Switching Gateway
Community Acces Point (Warung Masif)
Outlet/channel informasi dan telekomunikasi dimana masyarakat dapat menemukan jasa layanan yang berupa : telekomunikasi, akses informasi serta transaksi perdagangan yang dapat dilakukan di dalam serta diluar lingkup kantor Pos.  Berikut beberapa bentuk layanan Community Acces Point (Warung Masif) :
  • Multimedia Internet Workstation
  • Online Game
  • Printing / Scaning / Burning
  • Business Center
Sementara itu untuk menjalankan strateginya e-bisnisnya, eBisnis Pos memiliki strategi : Teknologi Informasi, Kemitraan, Bisnis Proses, dan Standar Kinerja.  Dari pemaparan ini  strategi e-bisnis yang dimiliki sesuai dengan beberapa literatur yang sudah disinggung di Tinjauan Pustaka maupun Pembahasan makalah ini, sehingga nampaknay eBisnis Pos secara manajemen internal sudah memilki visi untuk membangun e-bisnis yang baik, namun perlu didukung oleh kebijakan pemerintah juga karena PT. Pos Indonesia merupakan badan usaha milik negara yang keputusannya pun berada di tangan pemerintah.  Bila pemerintah mendukung dengan regulasi dan iklim persaingan yang tepat, bukan tidak mungkin e-Bisnis Pos mampu bersaing dengan penyedia jasa lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Fajar - Manssizz Corporation | Tutorialing For All